STAY WITH US

3 Text Editor Terbaik Untuk Para Programmer



Seorang programmer tidak pernah terlepas dari sebuah Text Editor untuk aktivitas coding mereka. Text Editor tidak sama dengan IDE, sebuah Text Editor tidak memiliki tools selengkap IDE. Biasanya Text Editor tidak memiliki alat debuger untuk menjalankan kode.

Apa saja sih Text Editor Terbaik yang perlu kita ketahui? Berikut 3 Text Editor Terbaik Untuk Para Programmer,

   1.       Sublime Text



Sublime Text merupakan Text Editor paling ringan dan paling banyak dikenal oleh para programmer terutama programmer pemula. Sublime Text banyak sekali dipakai di Indonesia, bahkan di Sekolah – Sekolah juga menyarankan untuk menggunakan Sublime Text. Selain ringan Sublime Text juga sangat mudah penggunaan serta penginstalannya.

Namun Sublime Text memiliki tools yang kurang lengkap, adds-on external-nya juga masih tergolong sedikit. Selain itu Sublime Text juga terkadang kurang nyaman digunakan karena adanya notif yang tiba – tiba muncul saat kita sedang asyik koding, notif tersebut berisi kalau kita disarankan untuk membeli Sublime Text versi premium.

   2.       Atom



Atom merupakan Text Editor Open Source yang disupport oleh Git Hub. Namun sayang sekali saat ini Atom sudah tidak menerima update dari Git Hub lagi. Atom terdengar cukup asing ditelinga para programmer pemula, namun fitur yang dimiliki Atom bisa dibilang lebih lengkap daripada Sublime Text.

Plugin yang disediakan dari pihak luar juga sangat lengkap, tampilannya juga lebih keren jika dibandingkan Sublime Text. Namun Atom lebih berat jika dibandingkan Sublime Text. Komputer yang memiliki spesifikasi rendah biasanya akan sangat berat jika menjalankan Atom untuk multitasking apalagi ditambah dengan task browser.


   3.       Visual Studio Code



Visual Studio Code merupakan Text Editor yang paling saya rekomendasikan untuk para pembaca. Fitur dan tools yang dimiliki Visual Studio Code sangatlah lengkap. Plugin-nya begitu banyak. Visual Studio Code juga tidak seberat Atom namun tidak seringan Sublime Text.

Selain itu kelebihan yang sangat saya sukai adalah adanya fitur Command Line di dalamnya, jadi kita tidak perlu membuka cmd milik windows untuk menjalankan Command Line. Snippet yang tersedia juga sangatlah lengkap.

Satu lagi fitur menarik dari Visual Studio Code yaitu adanya Live Sharing. Ini merupakan fitur yang sangat menarik, jadi kita bisa koding bersama – sama dengan tim kita secara realtime tanpa harus menggunakan pihak luar seperti Git dan lainnya.

Itulah 3 Text Editor Terbaik Untuk Para Programmer semoga bermanfaat. Terima kasih dan sampai jumpa.

Post a Comment

0 Comments