STAY WITH US

4 Software 3D Terbaik Untuk Membuat Model Dan Animasi 3D



Berjumpa lagi di Apa Aja Dot Kom. Pada postingan kali ini saya akan memperkenalkan 4 software 3D terbaik. Apa itu software 3D? Software 3D adalah software yang biasanya digunakan oleh para desainer maupun animator dalam membuat objek dan animasi 3D. Seperti layaknya film – film kartun 3D di tv seperti Adit Sopo Jarwo, Upin – Ipin, Kiko, Tayo, dan lain lain.



Ternyata kalian juga bisa lho membuat animasi dan objek 3D seperti di film – film kartun tersebut. Langsung saja simak ulasan berikut ini.


  1. Autodesk Maya 
    Autodesk Maya atau yang sering dipanggil Maya merupakan software 3D yang dibuat oleh Alias System Corporation dan diakuisisi oleh Autodesk, inc pada tahun 2006. Maya sudah sangat sering digunakan dalam industri film dan tv, serta dalam industri game. Contoh film yang dibuat dengan software ini yaitu Upin – Ipin, ya film dari Malaysia ini dibuat dengan software Autodesk Maya ini. Pembuatan animasi dalam software ini relatif lebih mudah dibandingkan dengan software 3D lainnya. Objek 3D yang dihasilkan juga lebih halus dari yang lainnya. Namun software yang satu ini bukanlah software gratis, dan biasanya dijual dengan harga 2 juta an. Jadi bagi kalian yang masih pemula saya sarankan jangan dulu untuk menggunakan software ini ya. Meski software ini memiliki versi gratis namun itu pada versi gratis fitur di software ini dibatasi. Kekurangan lainnya adalah Autodesk Maya memerlukan Spesifikasi Desktop yang relatif tinggi.                                                                                                             
  2. 3Ds Max / 3D Studio Max 
    3Ds Max Merupakan software 3D dan animasi yang ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment. Software ini dikembangkan dari pendahulunya yaitu 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Software ini sudah banyak sekali digunakan oleh studio – studio ternama. Hal ini dikarenakan banyak faktor seperti kemampuan mengedit yang serba bisa, arsitektur plugin yang banyak, dan hasilnya yang sangat memukau. Software ini juga memiliki 5 Metode pemodelan yaitu, Pemodelan primitif, NURMS (Subdivision Surface), Surface Tool, NURBS, dan Pemodelan Polygon. Software ini juga biasannya digunakan oleh arsitek dan perusahaan simulasi karena keakuratannya. Namun dengan fiturnya yang begitu hebat tentu saja software ini dibandrol dengan harga yang tinggi dan harus memiliki spesifikasi desktop yang mumpuni.                                                                                                                                              
  3. Blender 3D 
     Blender 3D merupakan software 3D open source yang digunakan dan diedit oleh usernya. Ya yang satu ini merupakan software 3D gratis terbaik menurut saya. Meski gratis software ini juga tidak kalah dengan software berbayar lainnya. Selain gratis kalian juga bebas untuk memodifikasi software ini sesuka kalian dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Perangkat Lunak yang dikembangkan oleh Blender Foundation ini  juga memiliki fitur pemodelan yang bervariasi seperti pemodelan 3D, penteksturan, penyuntingan gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyuntingan video, pemahat digital, dan rendering. Selain itu software ini menyediakan game engine di dalamnya yang dapat kita gunakan untuk membuat game yang diotaki dengan bahasa pemrograman python. Bisa dikatakan software ini merupakan software serba guna dalam dunia desain grafis. Banyak film – film indonesia yang menggunakan software ini seperti Adit Sopo Jarwo dan lainnya. Jadi untuk kalian yang baru ingin terjun ke dunia desain grafis 3D bisa langsung memeluk software ini. Namun tidak seperti software lainnya yang memiliki tampilan yang user interface, Blender 3D lebih mengandalkan shortcut keyboard daripada GUI dalam tampilannya.                                                                           
  4. Cinema 4D 
    Cinema 4D merupakan software 3D yang dirilis oleh Maxon Computer GmbH. Tidak seperti software 3D di atas, software yang satu ini belum terlalu dikenal oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan versi stabilnya baru dirilis tahun 2017, jadi bisa dibilang ini software merupakan software 3D pendatang baru. Softaware ini hampir sama seperti software – software di atas. Fiturnya juga lengkap dan untuk lebih detailnya kalian bisa langusng membuka website resminya. Namun sepertinya software ini juga software berbayar tidak seperti Blender 3D.




Itulah 4 Software 3D terbaik menurut saya, jika ada kesalahan mungkin bisa dikoreksi di kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa di next postingan.


Post a Comment

0 Comments