STAY WITH US

5 Cara Mengatasi Laptop Panas Atau Overheat Paling Ampuh


Siapa sih yang ngga kesel saat laptopnya jadi panas saat dipakai dalam waktu yang lama? Laptop Panas atau yang biasa disebut Overheat sangat tidak nyaman untuk dipakai. Bukan cuma kondisi panasnya yang membuat kita tidak nyaman memakainya, namun Laptop Panas atau Overheat dapat menyebabkan berbagai masalah lain seperti performa komputer melambat dan baterai laptop yang menjadi lebih boros.

Oleh karena itu berikut saya kasih solusi untuk Mengatasi Laptop Panas Atau Overheat Paling Ampuh yang dapat meredakan panas laptop kalian secara drastis. Langsung saja simak caranya di bawah,

1. Menutup Program Yang Sedang Tidak Digunakan



Banyaknya multitasking pada laptop kalian sangat membenani kinerja processor laptop kalian sehingga dapat menyebabkan Laptop Panas atau Overheat. Apalagi program yang kalian buka merupakan program yang membutuhkan spesifikasi tinggi tentunya akan sangat memengaruhi terjadinya Laptop Panas atau Overheat pada laptop kalian.

Oleh karena itu saya sarankan untuk menutup dulu program yang sedang tidak kalian gunakan untuk sedikit meringankan kinerja processor laptop kalian. Untuk solusi lainnya kalian mungkin bisa menambah RAM pada laptop kalian untuk membantu kinerja laptop kalian dan menghindari terjadinya Laptop Panas atau Overheat.

2. Membatasi Kinerja Processor



Cara kedua yang dapat kalian lakukan adalah dengan membatasi batas maksimal kinerja processor laptop kalian. Cara ini menurut saya cukup ampuh dalam mengatasi Laptop Panas atau Overheat, dengan menurunkan batas maksimal kinerja processor laptop kalian dapat meringankan kinerja processor sehingga mencegah terjadinya Laptop Panas atau Overheat.

Cara ini akan sangat efektif untuk mengatasi Laptop Panas atau Overheat pada laptop yang memiliki fitur turbo boost pada processornya. Dengan menurunkan batas maksimal maka turbo boost pun akan otomatis mati dan Laptop Panas atau Overheat pun tidak akan terjadi.

Cara menurunkan batas maksimal kinerja processor kalian bisa mengklik icon baterai di pojok kanan bawah laptop kalian, kemudian pilih more power option, lalu klik change plan setting pada mode baterai yang sedang kalian aktifkan, kemudian klik change advanced power settings dan cari lah bagian processor power management dan turunkan batas persentase pada maximum processor state.

3.Merubah Multi Core Processor Menjadi Single Core Processor



Cara ini hanya berlaku pada processor yang memiliki Core lebih dari satu dan merupakan cara paling ampuh untuk mengatasi Laptop Panas atau Overheat dari dalam laptop kita (sistem) menurut saya. Dengan merubah Multi Core menjadi Single Core akan benar - benar menurunkan performa laptop kalian. Namun dengan efek samping yang sangat berpengaruh tersebut laptop kalian pun akan jauh lebih dingin dari sebelumnya dan tidak akan terjadi lagi Laptop atau Overheat.

Caranya pun cukup mudah kalian hanya perlu menekan CTRL + Windows untuk membuka run, kemudian ketikan msconfig lalu tekan enter, masuk kebagian boot dan pilih advanced options centang number of processor dan pilih menjadi 1 ataupun 2 saja.

4. Membersihkan Bagian Dalam Dan Luar Laptop



Saya sarankan cara ini kalian coba setelah kalian mencoba cara - cara sebelumnya, dan juga kalian harus benar - benar cukup mengenal bagaiman cara membongkar dan memasang kembali laptop kalian agar tidak menimbulkan hal yang tak diinginkan. Bisa dibilang ini merupakan cara yang kalian perlu lakukan bila benar - benar perlu untuk dilakukan dalam mengatasi Laptop Panas atau Overheat karena kalian perlu membongkar keseluruhan laptop kalian untuk membersihkan setiap bagiannya.

Kenapa laptop kalian harus dibersihkan? Sebenernya membersihkan laptop merupakan hal yang seharusnya rutin dilakukan, karena laptop yang kotor dan banyak debu bukan hanya menimbulkan Laptop Panas atau Overheat namun juga dapat menimbulkan berbagai masalah dan kerusakan komponen pada laptop kalian. Bersihkan berbagai debu dan kotoran pada laptop kalian dengan sangat hati - hati agar kalian tidak malah merusak komponen laptop kalian sendiri.

5. Membawa Laptop Ke Tukang Servis



Ini merupakan cara Mengatasi Laptop Panas Atau Overheat paling final dan benar - benar paling ampuh. Dengan membawa laptop kalian ke tukang servis yang benar - benar sudah profesional mereka akan mengatasi berbagai masalah penyebab Laptop Panas Atau Overheat yang kalian hadapi tanpa susah payah mencoba cara sebelumnya.

Namun saya tetap sarankan untuk mencoba cara - cara sebelumnya terlebih dulu, bukan hanya soal biaya namun biasanya tukang servis pun ada yang sedikit kurang bertanggung jawab, jadi saya sarankan kalian untuk melakukannya sendiri dan melihatnya sendiri secara langsung.


Itulah 5 Cara Mengatasi Laptop Panas Atau Overheat Paling Ampuh semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih dan sampai jumpa.

Post a Comment

0 Comments