STAY WITH US

Mobile Legends Akan Dihapus? Berikut 5 MOBA Pengganti ML Jika Benar Akan Dihapus



Multiplayer Online Battle Arena atau yang biasa kita sebut – sebut dengan MOBA memang sedang naik daun pada akhir – akhir ini. Berbagai game MOBA bermunculan di Playstore dengan berbagai judul namun dengan permainan yang sama saja. Dari sekian banyaknya MOBA di Playstore memang tak bisa dipungkiri Mobile Legends atau ML – lah yang paling trending di negara kita ini. Meski di luar lebih memilih Arena of Valor atau AOV dan Vainglory sebagai MOBA andalan mereka, di negara kita ini tetaplah Mobile Legends yang nomer satu. Akan tetapi karena kebiasaan buruk Moonton sang developer dari Mobile Legends yang sering membuat hero – hero plagiat dalam game Mobile Legendsnya akhirnya mereka terkena tuntutan dari berbagai pihak.




Tuntutan yang semakin menajam sekarang ini adalah tuntutan dari Riot Game. Sekarang kita hanya bisa menunggu bagaiman hasil keputusannya nanti, namun untuk berjaga – jaga saya akan memberikan daftar 5 MOBA Pengganti ML Jika Benar Akan Dihapus.

Langsung saja simak ulasan berikut ini,

  1. Arena Of Valor / AOV
    Arena Of Valor yang sebelumnya memiliki berbagai nama daerah yaitu Strike of Kings (Eropa), Honour of Kings (Tiongkok), Penta Storm (Korea Selatan), Legendary Showdown (Taiwan), Lien Quan (Vietnam), Mobile Arena (Indonesia), dan Realm of Valor (Thailand) akhirnya menyesuaikan dengan nama globalnya yaitu Arena Of Valor. Game yang diterbitkan oleh Tencent Game ini dikabarkan telah meraih 100 juta pemain dan 80 juta pemain aktif tiap harinya. Keunikan dari game ini adalah karakter heroesnya yang beberapa diambil dari DC seperti Batman, Superman, Wonderwoman, Flash, dan lainnya.
    Tidak seperti Mobile Legends, Arena of Valor yang dikabarkan membeli copyright dari DC membuatnya tidak berahir tuntutan seperti Mobile Legends. Selain itu Arena of Valor juga menghadirkan berbagai event menarik, dan dengan nilai hadiah yang tidak sedikit. Graphic dari game ini juga bisa dibilang lebih unggul dari Mobile Legends, detail yang ditawarkan dan suasana battlenya pun lebih terasa. Ping dari game ini juga sangat stabil, sehingga kalian tidak perlu emosi ketika jaringan HP di tempat kalian biasa – biasa saja, tidak seperti Mobile Legends yang meski jaringannya udah 4G kuadrat tetep sering terjadi lag. Dikabarkan pula game Arena Of Valor ini akan membintangi SeaGames 2018 dalam pertandingan Esport. Meski di Indonesia game Arena Of Valor ini hanya memiliki sedikit peminat karena kalah start sama Mobile Legends namun di luar game ini lebih diminati.
      
  2. Vainglory
    Vainglory merupakan game MOBA besutan Super Evil Megacorp ini dirilis untuk iOS dan juga Android. Bisa dibilang game ini merupakan game MOBA pertama sebelum munculnya trending berbagai MOBA saat ini. Pada awalnya Vainglory mengusung battle 3v3 dengan Map 1 Lane dan dengan kontrol yang super berbeda yaitu tap tap. Setelah munculnya Game MOBA lainpun game ini memberikan kalimat yang mengandung sedikit unsur sarkas di deskripsi gamenya di Playstore. Namun pada akhirnya-pun Vainglory mengikuti jejak MOBA lain dan moveon dari Map 3v3 menjadi 5v5 dan dari kontrol tap tap menjadi Analog (bisa juga tap tap).
    Tidak bisa diremehkan, game ini menghadirkan graphic yang super mulus dan Map yang super detail. Bisa dikatakan graphicnya hampir menyamai DOTA2 PC. Akan tetapi game ini membutuhkan spek yang umumnya berkelas tinggi, hal inilah yang menjadikan game ini kurang laku di Indonesia karena mayoritas penduduknya berekonomi rendah. Namun game ini masih membintangi turnament – turnament besar di berbagai negara di luar sana.                              
  3. Heroes Evolved
    Hampir sama seperti Mobile Legends dan Arena of Valor, Heroes Evolved yang merupakan game yang diterbitkan oleh R2Games ini memiliki system gameplay MOBA yang sama dengan 3 Lane, 5v5, dan kontrol Analog. Namun ada beberapa hal yang unik dari game ini, yaitu adanya Fitur Fog of War. Ya bagi gamer MOBA PC pasti sudah tak asing lagi dengan fitur ini, namun bagi player MOBA di mobile fitur ini sangatlah langka. Fog of War merupakan fitur yang ada pada area map yang ketika hero meninggalkan area maka area tersebut akan menjadi gelap. Dengan begitu player tidak akan mengetahui kegiatan musuh di area lainnya.
    Selain fitur Fog of War ini, Heroes Evolved juga memiliki Item yang mempunyai skill aktif. Ya hal ini juga tidak asing di MOBA PC, item yang memiliki efek aktif dapat bereaksi apabila item tersebut kita gunakan. Selain kedua hal tersebut, sebagian besar game ini sama seperti MOBA yang lainnya.                                                                                                                         
  4. Heroes of Order & Chaos
    Heroes of Order & Chaos game yang dirilis oleh Gameloft ini bahkan berusia lebih tua dari Vainglory. Game ini lah yang paling mirip dengan League of Legend PC. Tidak seperti MOBA di mobile biasanya, game ini memiliki Hero yang berbeda dari yang lain karena rilis duluan. Untuk graphic mungkin  akan kalah dengan yang lainnya namun untuk gameplay tidak akan kalah asiknya. Dengan server yang stabil kalian bisa memainkan game ini dengan lancar tanpa adanya lag.
    Dengan menghadirkan 30 Hero playable yang unik game ini juga memiliki stats karakter yang stabil tidak ada yang overpower. Selain itu suasana mapnya pun berbeda, biasanya suasana map dalam game MOBA itu suram namun dalam game ini cukup segar dan hijau. Game ini juga tidak memerlukan spek yang tinggi, sizenya pun terbilang kecil. Akan tetapi karena usia game ini yang sudah tua, Gameloft juga sudah sangat jarang mengupdate game ini sehingga performanya down.                                                                                                                                          
  5. Heroes Arena
    Satu lagi game MOBA yang hampir mirip dengan MOBA lainnya yaitu Heroes Arena. Game besutan uCool ini hampir seluruh aspeknya sama dengan MOBA lainnya, dari hero yang seperti itu – itu saja, suasana battle yang familiar, dan kontrol analog yang biasa. Namun ada beberapa fitur unik yang ditawarkan game ini, yaitu pertarungan yang adil yang katanya  tidak perlu duit untuk menang hanya perlu main untuk menang dan juga waktu battle yang singkat.
    Selain itu game ini sangat mirip dengan Mobile Legends dari heronya, itemnya, fiturnya, dan lain – lainnya. Namun tentu saja game ini tidak memerlukan spek yang tinggi juga size yang kecil. Namun banyak yang mengatakan kalau server game ini hampir sama buriknya dengan server dari Mobile Legends. Untuk itu kalian bisa coba saja download di Playstore.



Itulah Berikut 5 MOBA Pengganti ML Jika Benar Akan Dihapus. Jika ada MOBA favorit kalian yang belum masuk silahkan komen di kolom komentar. Jika ada yang kurang setuju saya mohon maaf karena itu hanya pendapat saya. Untuk itu kalian bisa mencoba game diatas dengan mendownload di Playstore.

Terima kasih telah berkunjung, dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Post a Comment

1 Comments

Berkomentarlah secara baik dan sopan tanpa ada unsur SARA dan juga penghujatan.