STAY WITH US

5 Cara Ampuh Mengenali dan Mengatasi Berita HOAX pada Sosial Media

Berita HOAX cover

Berita HOAX merupakan berita palsu  yang sangat berbahaya apabila kita tidak bisa mengenalinya. Seiring berkembangnya teknologi, berita pada saat ini sangatlah mudah tersebar. Salah satunya dengan adanya sekian banyak aplikasi Sosial Media pada gadget kita.

Mungkin dengan begitu pengetahuan kita bisa lebih luas karena adanya berita – berita terbaru yang dengan mudah dapat kita baca. Namun apakah kalian sadar bahwa tiga dari sepuluh berita yang kita baca memiliki kemungkinan sebagai berita palsu atau Berita HOAX. Bahkan kita tidak akan bisa membedakan mana berita yang asli dan mana yang dianggap sebagai Berita HOAX. Ini dikarenakan kemampuan pihak tak bertanggung jawab semakin mahir dalam memalsukan berita.

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana sih, 5 Cara Ampuh Mengenali dan Mengatasi Berita HOAX pada Sosial Media. Langsung saja kita simak tulisan di bawah sebagai solusi untuk membasmi Berita HOAX yang bertebaran.

  1. Menciptakan Kecemasan, Kebencian, dan Permusuhan
  2. Berita HOAX menciptakan Kecemasan dan Kebencian

    Biasanya Berita HOAX sangat terkesan membuat kecemasan dan permusuhan antar pihak. Tanpa diteliti kita juga akan langsung sadar adanya kejanggalan dengan Berita HOAX tersebut.

    Berita HOAX yang seperti ini biasanya sangat berkaitan dengan topik yang sangat sensitif seperti Agama, Ras, atau Budaya. Karena dengan topik sensitif tersebut bisa dengan mudah membuat emosi pembaca meroket. Memang sudah menjadi kodrat manusia untuk marah karena ideologinya disudutkan, namun menjadi salah kita tidak mengetahui kebenaran berita tersebut dan asal marah saja.

    Mungkin kalian pernah merasakan saat sedang asik membaca sebuah berita tidak tahu mengapa kalian tiba – tiba marah sendiri dan merasa benci kepada pendapat pihak lain yang berlawanan dengan pendapat kalian. Hal ini harus benar – benar diwaspadai, karena bisa saja berita yang kalian baca memang sengaja ditujukan untuk membuat kalian saling membenci dengan melintir fakta berita aslinya.


    CARA MENGATASINYA :

    Untuk mengatasi Berita HOAX yang menciptakan permusuhan antar pihak sebenarnya cukup mudah. Kalian hanya perlu untuk menekan emosi kalian dan sekedar menganggap berita tersebut hanyalah topik ringan saja. Selain itu kalian juga bisa memblokir pengirim berita tersebut ataupun melaporkannya kepada sistem atau bahkan kepada pihak berwajib.



  3. Sumber Berita Yang Kurang Jelas dan Tidak Adanya Klarifikasi Dari Pihak Tertentu
    Berita HOAX memliki sumber yang kurang jelas dan
    tidak ada pihak tertentu untuk klarifikasi

    Menulis Berita HOAX sangatlah mudah, hal ini dikarenakan kita tidak perlu mencari sumber yang bisa digunakan sebagai klarifikasi. Oleh karena itu kalian harus teliti dalam membaca sebuah berita agar bisa mengetahui mana berita yang memiliki sumber yang terpercaya dan bisa diklarifikasi.

    Kalian harus mencari kebenaran tentang berita yang hanya sekilas kalian baca pada Sosial Media. Jangan sampai kalian langsung percaya begitu saja tanpa mencari tahu lebih dalam. Biasanya kesalahan ini biasa dilakukan oleh pengguna baru Sosial Media yang belum terbiasa dengan adanya berita abal – abal yang bertebaran.

    CARA MENGATASINYA :

    Apabila kalian menemukan kiriman berita yang seperti ini kalian bisa mengetahui kebenaran berita dengan mencari berita yang sama di google apakah berita tersebut merupakan Berita HOAX atau berita asli. Kalian juga bisa melihat data pengirim, apakah akun pengirim merupakan akun resmi yang terpercaya atau akun palsu yang memang berniat untuk mengirim Berita HOAX.


  4. Judul dan Pengantarnya Provokatif dan Tidak Sesuai Dengan Isi Berita
    Berita HOAX memiliki judul Provokatif dan
    tidak sesuai konten

    Berita yang terpercaya biasanya menggunakan bahasa yang formal dan menggunakan kebahasaan yang baik dan benar. Tidak seperti Berita HOAX yang biasanya menggunakan judul yang dibuat – buat atau bahasa gaulnya Clickbait yang bertujuan untuk menarik banyak orang agar membaca beritanya.

    Berita HOAX dengan judul Clickbait biasanya memiliki konten yang berbeda dengan judulnya sendiri. Selain itu biasanya mereka menggunakan kata – kata provokatif agar orang – orang semakin tertarik untuk membaca beritanya.

    Selain itu judul yang tidak sesuai dengan isi bisa membahayakan bagi kaum pembaca judul seperti kebanyakan pengguna Sosial Media di Indonesia. Ya, seperti sebutannya kaum pembaca judul adalah orang – orang malas membaca yang hanya membaca judulnya kemudian percaya dan malah semakin memperparah kondisi masyarakat Indonesia yang bangga karena percaya Berita HOAX.

    CARA MENGATASINYA :

    Jangan hanya membaca judul beritanya saja, bacalah isi beritanya secara menyeluruh dan kemudian kaji berita tersebut agar semakin memahaminya. Dengan begitu kalian akan sadar apakah berita tersebut merupakan Berita HOAX atau bukan.


  5. Minta Untuk Di-Share atau Diviralkan
    Berita HOAX seperti ini sangat sering kita jumpai
    pada sosial media dengan kedok meminta diviralkan

    Yang satu ini sebenarnya sudah sangat jelas kepalsuannya, namun masih banyak saja yang percaya berita seperti ini di Sosial Media. Biasanya Berita HOAX seperti ini menuntut pembaca untuk mengklik Like atau Share postingan mereka. Dengan kata – kata mutiara atau bahkan lebih parahnya menyumpahi keburukan bagi mereka yang mengabaikan berita tersebut.

    Dengan begitu banyak orang yang bersimpati dan akhirnya membuat Berita HOAX tersebut semakin viral, atau ada juga mereka yang takut akan sumpah serapah pengirim dan akhirnya secara terpaksa melakukan apa yang mereka minta.

    Ini benar – benar salah kaprah, sudah jelas berita tersebut merupakan berita palsu, jangan mau untuk dibodoh – bodohi.

    CARA MENGATASINYA :

    Jangan takut, jangan bersimpati, jika kalian menemukan berita seperti ini segera laporkan agar berita tidak semakin tersebar. Jika kalian tidak berani melaporkan paling tidak abaikan saja Berita HOAX seperti yang satu ini.


  6. Menggunakan Argumen dan Data Yang Sangat Teknis
    Berita HOAX juga terkadang memiliki data akurat yang
    membuat kita semakin sulit untuk tidak memercayainya

    Berita HOAX seperti yang satu ini yang sangat sulit untuk dibedakan dengan berita asli, hal ini dikarenakan Berita HOAX tersebut disertai dengan Argumen serta Data yang sangat teknis yang sangat terlihat terpercaya. Berita HOAX yang satu ini biasanya ditulis oleh pihak yang lebih profesional sehingga beritanya terlihat lebih nyata.

    Namun tidak usah khawatir karena Berita HOAX yang satu ini sangatlah langka, namun kalian harus tau kebenaran berita tersebut.

    CARA  MENGATASINYA :

    Kalian harus sedikit berusaha untuk mengatasi Berita HOAX seperti yang satu ini. Seperti berita yang lainnya, tentunya kalian harus terlebih dahulu menyelidiki kebenaran berita tersebut dengan mencarinya di Google.

    Selain itu ada sebuah Fanspage di Facebook yang cukup menarik yang biasanya membahas Berita HOAX tingkat atas seperti ini. Silahkan kalian ikuti saja Fanspage Indonesian Hoaxes. Biasanya Fanspage tersebut akan memberikan berbagai klarifikasi tentang kebenaran sebuah berita yang sedang trending.


Ya, itulah 5 Cara Ampuh Mengenali dan Mengatasi Berita HOAX pada Sosial Media. Sekarang kalian sudah tahu kan apa yang harus dilakukan ketika membaca sebuah berita yang kalian rasa sedikit mengganjal.

Semoga artikel ini bermanfaat dan Berita HOAX semakin berkurang, begitun juga semoga kalian semakin berpengalaman dan lebih cerdas dalam memercaya berbagai berita di Sosial Media.

Terima kasih dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

Post a Comment

0 Comments