STAY WITH US

Cara Membuat Database MYSQL Menggunakan phpmyadmin



Database merupakan tempat untuk menyimpan berbagai data komputer. Salah satu database yang sering digunakan adalah Database MYSQL. Dengan menggunakan sebuah Database MYSQL kalian bisa menyimpan berbagai data dengan tipe data yang bermacam – macam.

Biasanya Database MYSQL ini sering digunakan pada pengembangan sebuah website untuk bagian back end yang berhubungan langsung dengan pemrograman php, phyton ataupun yang lainnya. Namun tak jarang juga Database MYSQL digunakan pada pengembangan sebuah aplikasi desktop dengan bahasa pemrograman java atau yang lainnya.


Banyak sekali cara untuk membuat sebuah Database MYSQL salah satunya yang akan kita bahas kali ini adalah cara membuat Database MYSQL dengan menggunakan phpmyadmin.

Langsung saja simak tutorialnya di bawah ini,

   1.       Koneksikan Local Server Komputer Kalian

Di sini saya menggunakan xampp sebagai local server komputer saya, kalian juga bisa menggunakan wamp ataupun yang lainnya. Koneksikan pada bagian mysql dan juga apache. Jika tampilan sudah seperti di bawah maka server kalian sudah konek.


   2.       Masuk Ke phpmyadmin

Buka browser kalian dan kemudian tuliskan di address bar “localhost/phpmyadmin”. Maka browser kalian akan menuju tampilan seperti dibawah. Di sini lah kalian bisa membuat dan mengelola Database MYSQL milik kalian.


   3.       Buat Database MYSQL kalian

Klik tombol baru di sidebar kemudian ketikan nama Database MYSQL kalian dan klik buat.

Database kalian sudah berhasil dibuat, sekarang kalian hanya perlu menambahkan sebuah tabel untuk Database MYSQL yang baru kalian buat. Ketik nama tabel dan tentukan jumlah kolom kemudian klik kirim. Saya sarankan untuk nama tabel menggunakan huruf kecil dan tanpa spasi melainkan menggunakan underscore.



Masukan data untuk kolom pada tabel kalian dan klik simpan.


Jika sudah maka tabel dalam Database MYSQL baru kalian sudah siap digunakan.


Itulah Cara Membuat Database MYSQL Menggunakan phpmyadmin. Jika masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan tinggal ketik saja di kolom komentar atau hubungi langsung di menu kontak. Terima kasih semoga bermanfaat dan sampai jumpa.





Post a Comment

0 Comments