STAY WITH US

Cara Menginstall Laravel Framework Pada Windows


Laravel merupakan sebuah framework PHP yang saat ini sedang hype - hype nya. Laravel ini memiliki fitur yang sangat lengkap sehingga dapat mempermudah dan mempercepat kinerja kita dalam pembuatan sebuah website. Oke langsung, saja berikut cara Menginstal Laravel pada windows.

1. Instalasi Composer

 Untuk menginstall Laravel kita membutuhkan sebuah software yang bernama composer. pertama kalian bisa mendownload composer-nya di sini. Setelah didownload, install composer tersebut. Kemudian kalian masuk kedalam folder usr/local/bin yang berada di dalam folder composer yang kalian install. Copy directory nya dan masukan sebagai environment variable, dengan cara klik kanan pada my computer -> pilih properties -> klik environment variables -> cari nama PATH -> pastekan directorynya ke dalam variable value dengan menambah tanda ";" sebelum mempastekannya.

2. Install Laravel

Kemudian sekarang saatnya menginstall Laravelnya, bukalan command prompt. Bisa dengan tekan Windows + R ketik cmd. kemudian masuk ke folder root server komputer kalian misalnya htdocs untuk xampp dan www untuk appserv. Kalian bisa masuk dengan mengetikkan cd kemudian diikuti directorynya. Jika sudah kalian bisa langsung Menginstall Laravel dengan mengetikkan composer create-project laravel/laravel NamaProjectKalian --prefer-dist dengan tunggu hingga finish dan coba cek di folder root kalian maka sudah ada folder Laravel yang kalian buat. Kalian bisa langsung membuka folder tersebut menggunakan code editor saya sarankan kalian menggunakan visual studio code karena sudah menyediakan terminal bawaan. Ketika pada terminal/command promptnya php artisan serve kemudan buka browser dan ketik address yang muncul pada terminal/command prompt kalian misal localhost:8000. 


Selamat kalian sudah berhasil menginstall Laravel jika masih bingung atau ingin bertanya silahkan ketik di kolom komentar. Terima kasih semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments