STAY WITH US

Tutorial Membuat Game Mudah dan Mantap (Part 2)


Pada artikel sebelumnya saya telah membahas Tutorial yang sama untuk part 1-nya, bagi yang belum membaca mungkin bisa dibaca Tutorial Membuat Game Mudah dan Mantap (Part 1).
Ok, pada part ini saya akan membuat pergerakan untuk player dengan  sprite yang sudah saya berikan kemarin. Langsung saja buka project yang sudah kalian save..
1.Membuat Object Tank dan Halangan
Sebelum kita membuat apapun, kita harus membuat object terlebih dahulu. Apa itu Object? Jika sprite adalah sekedar gambar, maka object bisa dikatan sebagai sebuah benda yang nantinya akan kita gunakan di dalam game kita dengan tampilan gambar sprite. Jadi bisa dikatakan jika sprite adalah Kaleng Khong Guan maka object-nya adalah Rengginang :V.Cara membuat object bisa disimak dibawah...
1.Klik Kanan pada folder object dan pilih Create Object.

*)Name = Nama object yang akan dibuat. (awali nama object dengan inisial untuk mempermudah saat kita memilihnya seperti obj_ atau o_ . Hal ini berlaku juga dalam menamai room = rm_ , sprite = spr_ , background = bg_ , sound = snd_ . Kata-kata tersebut bisa dirubah semau kalian namun usahakan kata yang pendek dan mudah dihafal)
*)Sprite = Tampilan sprite apa yang akan kita gunakan untuk object tersebut
Jika sudah, klik tombol ok.
2.Buatlah object yang lain seperti Halangan dan juga tank musuh.
Jika sudah semua kalian buat maka kita lanjut ke tahap selanjutnya.

2.Membuat Pergerakan Player
Untuk membuat pergerakan player akan sangat mudah karena kita tidak akan menggunakan koding di sini. Saya hanya akan memanfaatkan sistem DnD milik GMS. Langsung saja simak langkah-langkah dibawah..
1. Buka obj_tank_player kalian yang tadi telah dibuat. Lalu klik add event => Keyboard => up.
*) Apa itu eventEvent lebih mudahnya bisa saya sebut sebagai kondisi pemicu, yaitu dimana pada saat suatu kondisi(event tersebut) aktif maka si instruksi Action akan berjalan. Misal diatas kita memilih event keyboard (ini adalah keadaan ketika kita menekan dan menahan tombol keyboard) dan setelah itu kita memilih Up (Ini maksutnya adalah ketika kita menekan tombol arah panah atas pada keyboard). Jadi setelah kita memasukan sebuah event sebagai pemicu sekarang kita harus membuat instruksi sebagai aksi.
2. Pilih pada tab move dan seret icon inimenuju tab Action disampingnya.
*) DnD Move Fixed ini digunakan untuk menggerakan object sesuai arah dan kecepatan yang kita tentukan.
*) Direction = arah object kita setelah kita menekan panah atas, jadi kita pilih ke atas.
*) Speed = kecepatan object kita ketika menekan tombol panah atas, saya masukan 3 . Kalian bisa menggati sesuka hati.

Ulangi langkah diatas untuk gerakan KananBawah, dan juga Kiri. Dengan setiap gerakan harus berada pada Event masing-masing untuk Kanan adalah keyboard => right, bawah adalah keyboard=> down, kiri adalah keyboard => left.

Maka object kalian sudah bisa bergerak namun belum bisa berhenti. Untuk membuat obj kalian bisa berhenti kita tambahkan lagi event namun sekarang kita pilih key release, event ini akan aktif ketika kita melepas suatu tombol di keyboard. Jadi buatlah event key release untuk uprightdown, dan juga left. Setelah itu masukanlah action Move Fixed dan pilih direction di tengah dengan speed adalah 0. Masukan action tersebut ke semua event key release tadi.
Jika kalian sudah membuat semuanya maka seharusnya tampilanya akan seperti ini.


Sekarang tank kalian sudah bisa bergerak dengan lancar, namun akan ada yang aneh jika kalian mencobanya sekarang. Yang aneh adalah tampilan spritenya, jika tidak percaya silahkan coba dengan membuat room terlebih dahulu..
*) Klik kanan pada folder room dan pilih Create Room lalu setting seperti gambar diatas.
Jika sudah pasang object kalian seperti gambar dibawah.
*)Jika object kalian sudah terpasang sekarang coba play project kalian dengan meng-klik icon 
*) Coba jalankan tank kalian dengan kontrol anak panah. Jalannya aneh bukan? 
3.Fixing Problem
Untuk fixing masalah diatas, bisa kalian simak langkah-langkah dibawah...
1.Buka sprite tank kalian, dan klik titik origin tepat ditengah gambar tank.
2.Masuk ke object tank yang tadi dan buat action tranform sprite di menu main 1

*)Buatlah Action ini diseluruh event dengan catatan dibawah ini:
Event Keyboard Up & Key release Up, angle = 0 (Menghadap Atas).
Event Keyboard Down & Key release Down, angle = 180(Menghadap Bawah).
Event Keyboard Right  & Key release Right, angle = 270(Menghadap Kanan).
Event Keyboard Left & Key release Left,angle = 90(Menghadap Kiri).
Jika sudah coba jalankan kembali project kalian, maka masalah sudah teratasi.. Dan jangan lupa untuk menyimpan project kalian.


Jika belum berhasil coba ulanngi langkah-langkah diatas dengan teliti, jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan di kolom komentar, terima kasih dan semoga bermanfaat. Untuk next Part saya akan membuat serangan dan juga medan untuk game ini..

Post a Comment

0 Comments