Di tutorial kali ini kita akan membuat tekstur mata sederhanda di Blender secara prosedural yang artinya kamu gak perlu skill texture painting (sebenarnya saya juga gak bisa). Langsung aja
1. Mulai dengan UV Sphere
2. Rotate 90 Derajat dan bikin kek gini
3. Buat texture noise
4. Kemudian scale Y nya sesuka kamu, yang menurutmu bagus. Kalo saya sih 2 aja
5. Tambahkan ColorRamp jadi nanti kita bisa mengubah warnanya
6. Buat ColorRamp-nya seperti ini biar keren 👊😎
7. Tambahkan tekstur gradient dan colorramp. Tapi ini gak bagus, ini karena UV nya dan gradient kita yang horizontal
8. Tambahkan node Separate XYZ, sambungkan UV ke Vector, dan sambungkan Y ke Vector pada ColorRamp. Ini 'mengekstrak' Y pada UV, dan Y pada UV adalah gradient vertikal, dan karena kita menggunakan ColorRamp maka otomatis kita bisa memanipulasi hasil 'ekstrak' tersebut
#CMIIW
9. Buat ColorRamp kita seperti ini
10. Tambahkan node MixRGB dan sambungkan. Gak ada perubahan sih
11. Ubah alpha pada point ke-2 dari belakang menjadi 0. Namun irisnya kurang detail tapi saya sih oh aja
12. Nah sekarang tinggal refine ea
0 Comments
Berkomentarlah secara baik dan sopan tanpa ada unsur SARA dan juga penghujatan.