STAY WITH US

Apa Itu RPL, MM, TKJ? Mengenal Macam - Macam Jurusan Informatika Di SMK




Selamat datang di blog saya ini guys. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang berbagai jurusan TI yang ada di SMK di Indonesia ini. Mungkin nama – nama jurusan diatas masih asing di telinga masing – masing. Namun pastinya udah kebayang bukan seperti apa pelajaran – pelajaran TI meski kurang tepat. 3 jurusan diatas merupakan yang paling banyak dijumpai diberbagai SMK, meski masih banyak jurusan lainnya seperti Animasi, Broadcasting, dan lain – lain.


Pastinya kalian masih bingung bukan, mau masuk jurusan apa nih saat di SMK. Jangan asal pilih ya, usahakan cari tahu dulu apa jurusan yang sesuai minat kalian masing – masing. Jangan ikut – ikutan teman atau perkataan orang lain. Ikutilah pilihan kalian sendiri, jangan sampai jurusan yang kalian pilih ternyata tidak sesuai keahlian kalian. Apalagi sampai salah jurusan, kan jadinya menyesal dan akhirnya Cuma jadi batu loncatan sama yang minat dengan jurusan yang kalian masuki. Untuk mencegah hal tersebut mimin akan memberikan postingan penjelasan jurusan diatas oke, langsung aja gan.


  1. RPL


Apa sih itu RPL? Kok baru denger? Iya dulu saya juga sering bertanya – tanya begitu, tapi ahirnya mimin tahu apa itu RPL dan ternyata jurusan ini-lah yang sesuai dengan minat saya. Yak, RPL atau yang bisa disebut Rekayasa Perangkat Lunak ini merupakan salah satu jurusan TI di SMK yang lebih dalam mempelajari tentang pemrograman komputer. Pada jurusan ini kalian akan diajari untuk membuat program pada komputer, menciptakan software, dan memrogram Web yang bisa kalian gunakan untuk mendesain web nantinya. RPL ini tidak terlalu menjurus ke bagian hardware komputer melainkan hanya fokus ke pembuatan program dan software – software dalam komputer. Bahasa pemrograman yang biasanya dipelajari adalah C++, Delphi, Java, dan lainnya. Jadi bagi yang mau menjadi seorang programmer, hacker, web designer bisa masuk jurusan ini gan. Tapi hati – hati ya, soalnya banyak sekali siswa yang merasa salah memilih jurusan ini karena tekad mereka yang kurang kuat untuk mempelajari struktur pemrograman yang memang tidak mudah bagi yang baru mengenal komputer.

2. MM


MM, ya apa sih itu MM? MM atau Multimedia ini merupakan salah satu jurusan TI yang ada di SMK yang biasanya mempelajari tentang Visual Grafis. Pada jurusan Multimedia ini kalian akan mempelajari tentang berbagai macam gambar bitmap dan vector, cara membuat gambar tersebut, membuat animasi, membuat objek 3D dan menganimasikannya, bahkan sampai membuat film. Namun pada jurusan ini kalian akan lebih terfokus kepada pembuatan desain logo, poster, banner, dan pembuatan gambar statis lainnya. Namun tidak sedikit pula jurusan ini mempelajari dalam praktik pembuatan film pendek. Tidak seperti animasi yang lebih mempelajar dalam pembuatan objek dinamis yang bisa bergerak, Multimedia lebih mempelajari materi yang lebih luas tentang desain grafis tidak hanya terfokus pada satu materi. Bagi yang memiliki citra seni yang tinggi, ingin menjadi desainer grafis terkenal yang bayarannya jutaan, ataupum artis maupun pemeran film bisa masuk  jurusan yang satu ini ya gan.

3. TKJ


Yak, Teknik Komputer Jaringan atau yang biasa disingkat TKJ ini lebih merakyat dibandingkan ke-2 jurusan di atas. Berbeda dengan jurusan – jurusan yang sudah saya sebutkan, TKJ lebih mempelajari tentang perangkat keras pembangun komputer dan juga dalam pemasangan jaringan – jaringan komputer seperti menginstal WiFi, menghubungkan antar komputer dengan menggunakan kabel LAN dan lain – lain. Pada jurusan ini kalian akan mengenal berbagai komponen – komponen pembangun komputer seperti RAM, Harddisk, Processor, VGA, LAN Card, dan lain – lain. Kalian juga akan mempelajari lebih dalam tentang jaringan komputer seperti bagaimana cara menginstal WiFi, bagaimana mengetahu IP suatu jaringan, bagaimana cara menghubungkan 2 komputer dengan menggunakan kabel LAN, dan lain – lain. Pada jurusan TKJ ini kalian akan sangat sedikit mempelajari software komputer, dan software yang dipelajari hanya yang berhubungan dalam perakitan komputer dan penginsatalan jaringan. Pelajarannya juga di dominasi oleh praktik, seperti bongkar pasang komputer, penginstalan jaringan dan lain – lain. Bagi yang suka bongkar – bongkar komputer, Merakit PC, Menginstal jaringan bisa masuk jurusan yang satu ini gan. Selain itu kalian juga tidak perlu repot – repot membayar tukang servis ketika PC kamu atau pacarmu rusak, karena sudah bisa memperbaikinya sendiri.


Itulah penjelasan dari ketiga jurusan TI yaitu RPL, MM, dan TKJ. Sudah jelas bukan? Bagi yang masih bingung bisa komentar di bawah oke. Jangan sampai salah masuk jurusan ya. Jika ada salahnya mohon dikoreksi ya, karena saya juga masih SMK. Jangan lupa untuk di share jika bermanfaat. Terima Kasih telah berkunjung dan Mohon Maaf atas kesalahannya.

Post a Comment

0 Comments